Emergency Call


Ambulance
Call Center
Apakah kami membantu anda untuk mencari informasi?
  Ya
  Tidak

#

Makan Durian Saat Hamil Bisa Membahayakan Janin, Benarkah?

Admin RS STS 31 Agu 2021, 20:39:13
0 Comments 629 Views

Memiliki rasa yang manis dan nikmat, membuat buah durian disukai oleh banyak orang. Namun, saat hamil, banyak wanita yang menganggap buah ini sebagai “musuh”. Ini karena makan durian saat hamil katanya bisa membahayakan janin. Benarkah begitu?
Ada banyak mitos kehamilan yang beredar, salah satunya adalah makan durian saat hamil bisa membahayakan janin karena dapat menyebabkan keguguran, khususnya saat trimester pertama. Karena anggapan ini, sebagian ibu hamil menjauhi buah durian dan tidak memakannya sama sekali hingga hari persalinan tiba.
Makan Durian Saat Hamil Bisa Membahayakan Janin, Benarkah? - Alodokter
Ini Fakta Makan Durian Saat Hamil
Sebenarnya, makan durian saat hamil bukanlah perkara yang dilarang. Hingga saat ini pun belum ditemukan penelitian yang membenarkan anggapan tersebut. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang normal, makan buah durian saat hamil tidak akan membahayakan kesehatan Bumil dan janin.
Malahan, mengonsumsi buah ini ketika hamil justru bisa memberikan manfaat kesehatan, seperti mendukung proses tumbuh kembang janin, melancarkan pencernana, dan menambah energi.
Manfaat ini diperoleh dari kandungan gizi yang terdapat pada durian. Buah dengan nama latin Durio zibethinus ini mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil, antara lain karbohidrat, lemak, serat, protein, folat, vitamin B, vitamin C, serta mangan, kalium, zat besi, kalsium, dan magnesium.
Tips Aman Makan Durian Saat Hamil
Buah durian memang mengandung gizi yang bisa mendukung kesehatan ibu hamil dan janin. Namun, ibu hamil yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes gestasional, darah tinggi, dan preeklamsia, mungkin perlu menghindari atau membatasi asupan buah ini.
Pasalnya, durian mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi. Apabila dikonsumsi berlebihan, durian bisa meningkatkan kadar gula darah ibu hamil.
Selain itu, makan durian dalam jumlah berlebihan juga bisa membuat tekanan darah ibu hamil naik. Ibu hamil yang mengalami obesitas pun perlu pikir ulang untuk mengonsumsi buah ini, karena durian mengandung kalori yang cukup tinggi.
Bila Bumil memiliki kondisi medis tersebut, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi durian, ya.
Guna mendapatkan manfaat kesehatan dari durian, ada beberapa tips aman makan buah ini saat hamil, yaitu:
  1. Pilihlah durian yang memiliki warna cerah dan tidak ada noda pada kulit durian. Noda pada buah ini bisa menandakan bahwa durian busuk atau tidak segar.
  2. Cermati bagian batang durian. Pilihlah buah durian yang memiliki batang tidak kering dan berwarna terang.
  3. Kocok buah ini sebelum membelinya. Jangan memilih durian yang menimbulkan suara ketika dikocok, karena menandakan buah ini tidak segar.
  4. Jangan mengonsumsi buah ini bersamaan dengan minuman beralkohol. Ini karena konsumsi durian dan minuman tersebut bisa membuat Bumil mual, muntah, dan dada berdebar.
  5. Batasi konsumsi durian hingga tidak lebih dari 250 gram per hari atau setara 2−3 biji buah durian.
Jadi, kesimpulannya, makan durian saat hamil tidak berbahaya bagi kesehatan Bumil dan janin. Namun, dengan catatan Bumil tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya.
Jika Bumil masih merasa ragu untuk makan durian saat hamil atau mengonsumsi makanan tertentu karena khawatir bisa membahayakan kesehatan janin, Bumil bisa bertanya kepada dokter untuk memastikannya.
Terakhir diperbarui: 26 Juli 2021
Ditinjau oleh: dr. Kevin Adrian
Sumber : Sudah Pernah Tayang Di : https://www.alodokter.com/makan-durian-saat-hamil-bisa-membahayakan-janin-benarkah

All Comments

TULIS KOMENTAR